Header Ads

test

Lagi Trend, Membuat Jeans anda jadi Belel


Lagi ngetrend nih Sobat kopter, belel-belelin celana jins. Nah apa itu Belel? menurut hasil pencarian saya, belel atau sering juga disebut Distressed Jeans atau (faded jeans) adalah jeans yang sudah kelihatan usang atau tua baik itu memang sudah tua, sengaja dibuat tua, sobek-sobek atau belum.

Mengenakan jeans yang sudah belel (faded jeans) tentu akan meningkatkan penampilan denim look Anda. Meskipun saat ini beberapa merek jeans sudah menawarkan produk jeans dengan warna yang telah belel (faded) tapi tak ada salahnya untuk membuat jeans belel versi Anda sendiri. Hal ini tentu saja dapat membuat celana jeans Anda memiliki tampilan yang lebih personal sesuai dengan lekuk tubuh Anda.

Memilih jeans dengan kualitas raw yang baik

Celana jeans yang bisa diterapkan untuk teknik ini umumnya adalah yang berjenis selvedge denim. Lipat celana jeans di bagian bawah dan lihatlah bagian lipata luar di bagian kaki. Jika jeans tersebut memiliki selvedge edge, kualitas jeans tersebut bisa dikatakan bagus, meskipun tidak selalu bisa diterapkan demikian.


Sebelum dicuci pertama kali 

Rendam terlebih dahulu jeans sebelum dikenakan. Dengan merendamnya terlebih dahulu selama satu atau dua jam akan membuat bahan menjadi lebih lembut. Saat merendamnya, jangan lupa untuk merendam bagian luar dan dalamnya secara bergantian. Setelah biarkan mengering tapi jangan menggunakan pengering.

Setelah rendaman awal ini, kenakan jeans tersebut sesering mungkin selama beberapa bulan sebelum Anda mencucinya untuk pertama kali. Semakin sering Anda mengenakannya, maka akan lebih banyak pola garis horisontal yang akan Anda hasilkan. Pola bergaris inilah yang akan membuat celana jeans belel Anda terlihat keren.

Pemakaian intens selama beberapa bulan akan meninggalkan garis-garis horisontal pada jeans, terutama di bagian-bagian yang sering terjadi gesekan seperti belakang lutut, selangkangan, dan kantong.


Cuci pertama 

Saat jeans Anda mulai terlihat seperti di atas, tandanya Anda sudah boleh untuk mencucinya. Celana di atas telah dikenakan selama delapan bulan berturut-turut dan hanya pernah dicuci kering sekali.

Jika Anda ingin menunda pencucian pertama, coba angin-anginkan dulu jeans tersebut sebelum dicuci. Namun, saat Anda mulai tak tahan dengan baunya, maka memang sudah saatnya celana tersebut dicuci.

Prosedur pencuciannya pun tergantung dari hasil apa yang Anda inginkan. Beberapa orang memiliki cuci kering untuk mempertahankan warna jeans tersebut agar tetap gelap. Namun, teknik pencucian dengan menggunakan tangan lebih diutamakan, caranya pun sama seperti merendam pertama, yaitu dicuci luar dalam. Menambahkan sedikit garam dan setengah gelas cuka dapat membantu mempertahankan warna indigo dari jeans tersebut.

Jika Anda tidak sabar dan ingin dengan melihat hasilnya dengan segera, Anda bisa mencucinya dengan mesin cuci. Jangan lupa untuk mencucinya bolak-balik. Sebaiknya hindari teknik cucian memutar untuk mencegah garis vertikal yang buruk. Lalu kemudian keringkan.  

Setelah pencucian pertama

Setelah melewati proses pencucian pertama, celana jeans Anda akan cukup rentan terhadap kotoran. Untuk memakainya selama berbulan-bulan tanpa dicuci tentu bukan ide yang bagus lagi. Namun, Anda tetap harus mengenakannya sesering mungkin setelah dicuci untuk menambahkan efek belel.


Celana jeans Levi’s 505 berikut ini telah dikenakan setiap hari selama empat bulan dan dicuci sebanyak 7 sampai 8 kali selama periode tersebut.

Tidak ada komentar