Header Ads

test

Revolusi mobil listrik dan dampak nyata terhadap dunia


Kendaraan listrik mungkin masih jarang terlihat di jalan saat ini. Tapi dalam beberapa dekade kedepan, lebih dari sepertiga dari semua mobil penumpang akan berjalan menggunakan baterai - bukan bensin atau diesel, kata para analis.

Sekitar 530 juta kendaraan listrik bisa melaju dengan tenang di sepanjang jalan raya dan jalan raya dunia pada 2040, Bloomberg New Energy Finance (BNEF) mengatakan pada hari Kamis dalam sebuah laporan baru. Itu naik dari sekitar 2 juta mobil listrik hari ini.

Melihat pasar penjualan mobil baru, kendaraan bertenaga baterai akan membuat kenaikan angka hingga 54 persen di pasar, dibandingkan dengan hanya sebagian kecil sekarang, menurut BNEF. Ramalan ini jauh lebih agresif dari perkiraan 2016, yang melihat mobil listrik akan menyumbang sekitar sepertiga dari penjualan baru pada tahun 2040.

"Revolusi Kendaraan Elektrik akan memukul pasar mobil lebih keras dan lebih cepat dari perkiraan BNEF setahun yang lalu," menurut analis pada hari Kamis dalam siaran persnya.

Seperti perubahan dramatis pada pasar otomotif global akan memiliki manfaat besar bagi iklim - terutama karena turbin angin dan panel surya memberikan peningkatan pangsa listrik yang dibutuhkan untuk mengisi ulang baterai. Jika sepertiga dari mobil listrik itu listrik, yang akan mengganti sekitar 8 juta barel bahan bakar transportasi per hari, kata BNEF.

Analis mengatakan perkiraan kuat mereka disebabkan dua alasan utama.

Pertama, produsen mobil menggandakan komitmen untuk menghasilkan mobil penumpang listrik. Butuh bukti Lihatlah tidak lebih jauh dari berita-berita utama minggu ini misalnya;

Volvo pada hari Rabu mengatakan bahwa mulai tahun 2019, semua model yang diperkenalkannya akan berupa hibrida atau hanya didukung oleh baterai, ini menjadikannya sebagai produsen mobil utama pertama yang "membunyikan lonceng kematian mesin pembakaran dalam." New York Times

Sehari kemudian, pemerintah Prancis mengumumkan sebuah rencana ambisius untuk menghentikan semua penjualan domestik mobil bertenaga gas dan diesel pada tahun 2040. Tesla, produsen mobil listrik yang dipimpin oleh Elon Musk, mengumumkan model massanya, all-electric Model 3 akan mulai dimasukkan dalam lini produksi minggu ini.

Dan kedua, biaya baterai lithium-ion turun lebih cepat dari yang diharapkan berkat peningkatan teknologi dan peningkatan pasokan. Itu berarti mobil listrik tidak hanya akan lebih bersih daripada kendaraan bertenaga minyak tapi juga lebih murah di kebanyakan negara - pada awal 2025.

"Kami melihat titik perubahan penting untuk industri otomotif global di paruh kedua tahun 2020-an," Colin McKerracher, analis transportasi lanjutan pimpinan BNEF, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Prospek BNEF mengasumsikan bahwa kebijakan pemerintah saat ini untuk mengurangi emisi gas rumah kaca knalpot dan mempromosikan transportasi alternatif tetap ada, namun tidak berasumsi bahwa setiap kebijakan baru diperkenalkan. Itu berarti perkiraan jangka panjang mencerminkan bagaimana pasar kendaraan penumpang sendiri bisa berubah saat harga turun, produsen otomotif meningkatkan pasokan, dan konsumen tumbuh lebih nyaman dengan opsi kendaaraan bertenaga baterai.

Meski begitu, revolusi kendaraan listrik bisa dikatakan masih akan mendapat banyak kendala.

Tempat parkir, jalan-jalan kota, dan garasi masih belum cukup dilengkapi dengan peralatan pengisian listrik mobil. Teknologi yang ada juga bisa memakan waktu berjam-jam untuk mengisi baterai penuh, berbeda dengan menghabiskan hanya beberapa menit pada tangki bensin.

Salim Morsy, penulis utama laporan terbaru dari BNEF, mengatakan fakta bahwa banyak orang masih tidak dapat mengenakan biaya di rumah adalah alasan besar mengapa mobil listrik bukan bagian yang lebih besar dari armada mobil global pada perkiraan 2040.

"Ada jalur yang kredibel untuk pertumbuhan kendaraan elektrik yang kuat, namun masih perlu banyak investasi dalam pengisian infrastruktur yang dibutuhkan di seluruh dunia," kata Morsy.

Sumber: Mashable

Tidak ada komentar